Tips Atasi Printer Mencetak Tidak Keluar Tinta

Bagi yang memiliki printer dirumah pastinya pernah mengalami berbagai masalah pada printer, yang salah satunya adalah printer mencetak namun tidak keluar tinta. Ini bisa terjadi karena tidak ada tinta pada cartridge atau aliran tinta yang tak stabil. Bisa juga karena sparepart pada printer yang rusak dll.

Nah berikut ini ada beberapa penyebab kenapa ketika mencetak tidak keluar tinta dan tips mengatasi masalah tersebut.
 
- Selang Printer Terjepit 
Selang yang terjepit menyebabkan tinta jadi tidak bisa berjalan dengan normal bagi yang memiliki sistem Infus pada printer. Solusinya cek secara keseluruhan mulai dari ujung selang yang menempel pada penampungan tinta hingga bagian selang yang menempel pada cartridge, atur dan perbaiki posisi selang infus yang terjepit tersebut.

- Printer Head Mampet

Printer mampet berarti head tersebut tertutupi oleh tinta, biasanya kondisi tersebut di alami ketika printer  menggunakan printer infus, lantas tidak menggunakan printer dalam kurung  waktu yang relatif lama sehingga tinta yang pada ujung Head Printer jadi tertutupi oleh tinta yang mengering sebelumya.

- Catridge Atau Head Rusak

Setelah menerapkan kedua langka-langkah diatas namun tidak menemukan jawaban yang memuaskan, itu berarti Printer Head sudah rusak permanent, sebaiknya mengganti bagian Head Printer (Epson) atau  Cartridge (canon) 

- Kabel Head Terbakar
Kabel Head Printer, kabel yang menghubungkan antara Head dengan Mother Board Printer. Admin pernah alami masalah ini pada printer epson R230, yang mana kerusakan tersebut disebabkan ada tinta masuk tepat pada bagian belakang head tempat pada ujung kabel tersebut sehingga menyebabkan konsleting arus listrik dan berakhir dengan kerusakan. Maka harus mengganti Kabel Head dengan yang baru dan tentunya sesuai dengan tipe dan merek printer 

Nah semoga saja dengan mengetahui penyebab kenapa mencetak tidak keluar tinta diatas bisa menambah wawasan bagi sobat. Dan jika menemui masalah seperti diatas, jangan lupa untuk mencoba mengatasi dengan langkah-langkah yang tertera ya!

No comments:

Post a Comment